Ini Alasannya kenapa Alfamart dan Indomaret Selalu Berdekatan

Alfamart dan Indomaret adalah dua mini market besar yang berkembang sangat cepat dan keberadaannya telah merata di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Kedua mini market ini memiliki ciri yang sangat mirip, mulai dari warna bangunan, baju karyawannya sampai lokasinya yang selalu berdekatan.

Saking dekatnya, orang bahkan tidak lagi bisa membedakan mana yang Indomaret dan mana Alfamart. Bahkan beberapa orang menyebut dimana ada Alfamart disitu pasti ada Indomaret. Padahal meskipun kedua mini market ini tampak mirip dan selalu berdampingan, sejatinya mereka adalah dua perusahaan berbeda yang saling bersaing satu sama lain.

Adalah Wiwiek Yusuf, selaku Direktur Martketing dari PT Indomarco Prismatama yang menuding jika Alfamart perusahaan milik PT Sumber Alfaria Trijata Tbk telah meniru strategi bisnisnya. Bahkan menurutnya banyak karyawan Indomaret yang dibajak dan pindah ke perusahan saingannya itu.

“Kita sudah ada sejak tahun 1985, kemudian sekitar tahun 2000-an mereka muncul dan belajar dari kita, bahkan sebagian (karyawan) kita masuk ke mereka. Padahal kita sudah survei tempat, mereka targetnya sama, katakanlah start kita dicuri oleh mereka” ungkap Wiwiek, Sabtu (25/1/2014) seperti dilaporkan Liputan6.com.

Menurut Wiwik jarak alfamart yang selalu berdekatan dengan minimarketnya memang terasa sangat mengganggu karena mereka memiliki pasar yang sama. Akan tetapi meski demikian, bagi Indomart hal itu dilihat sebagai tantangan sendiri untuk tetap memberikan pelayanan terbaik agar tetap lebih banyak diminati oleh pelanggan.

“Kalau dibilang ganggu pasti, positifnya kita bisa berlomba-lomba dan bersama-sama memberikan pelayanan kepada konsumen,” akunya.

Mengutip laporan Liputan6.com, Indomaret sendiri telah menyiapkan strategi untuk meningkatkan pasar dan mengungguli saingannya tersebut. Menurut Wiwik, salah satu strateginya adalah dengan memberikan program promo dan tetap gencar melakukan promosi di setiap penjualan produknya.

“Kita sebisa mungkin tetap berusaha agar konsumen puas, meski pasti ada yang tidak puas. Kami terus melakukan berbagai cara agar konsumen datang ke toko kita dan bukannya ke toko sebelah, caranya dengan memberi fasilitas lebih,” tandasnya.

Menurut Wiwiek ke depan nantinya Indomaret akan mengubah strategi dan menjadikan Indomaret sebagai tempat pembelanjaan keluarga yang modern yang melayani berbagai kebutuhan konsumen mulai dari pembelian pulsa elektronik, pembayaran tagihan listrik, sampai pembelian tiket kereta api dan juga pesawat.

Dapatkan informasi menarik lainnya di www.gudanginfo.net